FANDOM

Meriam Bellina
220px
Nama lahir Ellisa Meriam Bellina Maria Bamboe
Lahir 10 April 1965 (umur 52)
25px Bandung, Indonesia
Pekerjaan aktris, penyanyi,bintang iklan,bintang film dan sinetron
Tahun aktif 1984 - sekarang
Pasangan Ferry Anggriawan (cerai)
Adi Surya Abdi (cerai)
Hotman Paris Hutapea (kini)
Anak Albert Surya (dari suami kedua)
Nigel Pino (dari suami kedua)

Meriam Bellina (nama lengkap: Ellisa Meriam Bellina Maria Bamboe; lahir di Bandung, Jawa Barat, 10 April 1965; umur 52 tahun) adalah aktris Indonesia yang serba bisa.

Masa kecil dan remaja Sunting

Sebelum menjadi aktris film, anak dari Maria Theresia dan G.H. Bamboe (seorang pembuat kaki palsu) ini sebenarnya ingin menjadi pramugari Garuda Indonesia, tetapi dia keluar dari SMAK Dago Bandung (kelas II) dan menjadi gadis sampul di majalah Gadis. Dari kedua orang tua ada keturunan Barat, yaitu Belanda dan Jerman. Setelah berdomisili di negeri Kanada, Meriam menguasai bahasa Inggris dengan lancar dan mempunyai hobi membaca novel. Logat Indonya termasuk huruf "r" yang diucapkan dengan suara garau berbunyi desah (guttural fricative) seperti orang Belanda maupun Jerman.

Terjun ke dunia film Sunting

Film pertama, Perawan-Perawan dia bintangi waktu masih remaja. Setelah meraih Piala Citra (1984) sebagai Pemeran utama Wanita terbaik dalam film Cinta di Balik Noda (nominasi FFI 1984 cukup berat, ada Christine Hakim, Yenny Rahman, Zoraya Perucha, dan Lidya Kandau), karirnya mulai mencuat dalam film Catatan si Boy. Walaupun berbakat sebagai aktris drama, pada akhir-akhir ini, "Si Mer" lebih aktif dalam sinetron yang bernuansa komedi. Ia kembali mendapatkan piala citra lewat film Taksi di tahun 1990.

Kehidupan pribadinya tidak selancar karirnya di layar putih dan karir lainnya sebagai penyanyi pop (albumnya antara lain Simfoni Rindu, Untuk Sebuah Nama, dan Belajar Menyanyi dengan lagu-lagu andalan seperti Begitu Indah (yang sempat disensor oleh pemerintahan Soeharto karena lirik pesimisnya!), Kerinduan dan terutama lagu-lagu ciptaan Pance F. Pondaag) karena Meriam Bellina telah menikah dan bercerai dua kali dengan produser film. Wajah Indonya (blasteran Makassar-Jawa-Jerman-Sunda-Belanda) telah mengesankan seorang penulis Belanda yang bernama Ivan Wolffers, yang menggambarkan rasa kagum serta obsesinya dalam sebuah novel Liefste, mijn liefste (1992) (Sayang, oh sayangku), yang laris seperti pisang goreng dengan lebih dari 10.000 buku terjual [1] di Belanda sendiri.

Dalam berperan, Meriam Bellina terbilang berani melakukan adegan panas sehingga dia pernah mendapatkan gelar sebagai Bom Seks Indonesia (Tontonan Roro Mendut (1982) malah telah dibatalkan di Festival Film Indonesia di Tropenmuseum Amsterdam karena peranannya dianggap terlalu sensual) dan karena kepiawaiannya berakting ia juga dijuluki Magma Perfilman Indonesia. Mer adalah satu2nya aktris Indonesia yang selalu berkarya tiap bulan tiap tahun tanpa jeda waktu dari tahun 1982 sampai sekarang, belum ada aktris Indonesia yang seproduktif Mer. Mer merupakan perpaduan Mutu dan Komersil. Ditengah persaigan panggung entertainment Indonesia, Mer tetap eksis, bukti eksistensinya bisa dilihat di hasil karyanya di bawah ini, tiap tahun selaaalu ada karyanya (film, sinetron, nyanyi, iklan), semua ditangani dengan apik oleh Mer. 3 piala citra menjadi bukti prestasi Mer di dunia film(Cinta di Balik Noda (1984), Taksi (1990), Get Married (2007)).Di dunia sinetron Mer mendapat Piala Vidia tahun 1994 lewat sinetron Aku Mau Hidup). Banyak aktris yg muncul dan tenggelam, tp Mer tetap eksis dengan peran yg berbeda dan memikat masyarakat Indonesia.

Filmografi Sunting

Diskografi Sunting

  • Simfoni Rindu (1983)
  • Untuk Sebuah Nama (1984)
  • Kerinduan (1985)
  • Begitu Indah (1986)
  • Mulanya Biasa Saja (1987)
  • Jangan Pernah Ragukan-Single (1988)
  • Aku Percaya (1989)
  • Kata Hati-Soundtrack Namaku Joe (1989)
  • Seandainya Masih Mungkin-Single (1989)
  • Mungkin Aku Harus Berlalu (1990)
  • Asmara (1993)
  • Kucinta Kamu (1999)

Sinetron Sunting

  • Buku Harian 3
  • Emosi
  • Aku Mau Hidup
  • Pengantin Lari
  • Noktah Merah Perkawinan 2
  • Cintailah Daku
  • Wanita
  • Atas Nama Cinta dan Anakku
  • Hanya Ada Satu Cinta
  • Kabut Suta Ungu
  • Putri Maharani
  • Jangan Rebut Suamiku
  • Pernikahan Dini
  • Oom Pasikom
  • Siapa Takut Jatuh Cinta
  • Itu Kan Cinta
  • Teman Tapi Mesra
  • Anak Ibuku
  • Tali Kasih
  • Playboy Cap Jempol
  • Makan Nggak Makan Ngumpul
  • Kisah Sedih Di Hari Minggu
  • Bunda
  • Dara Manisku
  • Asyiknya Pacaran
  • Cintailah Aku Gadis
  • Demi Cinta
  • Liontin
  • Intan
  • Darling
  • Janji
  • Juwita Jadi Putri
  • Mutiara
  • Cahaya
  • Putri Yang Terbuang
  • Upik Abu dan Laura
  • Assalamualaikum Cinta
  • Sekar
  • Kasih Ibu
  • Dewi(sinetron)
  • Doa dan Karunia
  • Dia Bukan Anakku'(2010)

Referensi Sunting

Pranala luar Sunting