FANDOM

Elfonda Mekel
150px
Once
Latar belakang
Nama lahir Elfonda Mekel
Lahir 21 Mei 1970 (umur 47)
25px Makassar, Indonesia
Nama lain Once
Jenis Musik Rock, Pop
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 1991 - sekarang
Hubungan
Pasangan Rietma Dhanty Angelica Immaculata Tauchid (Ima)
Anak Manuel Mekel

Elfonda Mekel (populer dikenal dengan nama Once; lahir di Makassar, 21 Mei 1970; umur 47 tahun) adalah seorang penyanyi asal Indonesia yang telah populer dikenal sebagai vokalis grup musik Dewa.

Biografi Edit

Ketika duduk di bangku SMP menggantikan vokalis pada sebuah festival band, dan sejak itu ia mulai berkecimpung di dunia musik. Setamat SMA, Once telah menjadi vokalis semiprofesional yang mendapat bayaran. Band-nya pernah mengiringi penyanyi kondang seperti Ita Purnamasari.

Tahun 1989, Once diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Semasa kuliah ia juga bergabung dengan band. Once pernah bergabung bersama Andy Liany, Ronald, dan Pay membentuk Fargat 27, dan merilis album "Seribu Angan". Tahun 1993, Once mengalami gangguan pita suara, sehingga ia memutuskan berhenti sebagai penyanyi.

Lulus kuliah pada tahun 1996, ia kemudian bekerja sebagai legal coordinator di sebuah perusahaan konstruksi, dan dua tahun kemudian pindah ke proyek penelitian kerjasama antara LIPI dan dan CSIRO. Tahun 1997, di tengah kesibukannya Once kembali menyanyi di kafé. Setelah hengkang dari proyek MSI LIPI tahun 1998, Once mulai serius ke dunia musik. Bersama Ahmad Dhani, ia menggarap rekaman untuk film Kuldesak. Tahun 2000, Once resmi bergabung dengan Dewa 19 sebagai vokalis. Kali ini grup mereka dengan nama Dewa saja.

Kehidupan Pribadi Edit

Berkas:Once Nikah.jpg

Pada tanggal 20 Desember 2005, Once menikahi kekasihnya yang telah dipacarinya selama 3 tahun, Rietmadhanty Angelica Immaculata Tauchid yang akrab disapa Ima, di gereja GPIB Immanuel, Jakarta Pusat. Saat upacara pernikahan, Ima datang dengan sebuah mobil kuno yang pernah dipakai Presiden Soekarno sebagai mobil kepresidenan. Resepsi pernikahan digelar malam harinya di Hotel Mulia [1]. Ima sendiri adalah putri penyanyi senior Henny Purwonegoro.

Sekolah Edit

  • TK Tabitha
  • SD Strada Wiyatasana
  • SMP Tirta Marta
  • SMA Tirta Marta
  • Fakultas Hukum Universitas Indonesia Angkatan 1989

Templat:Clear

Album Edit

Berkas:Once Dewa 2005.JPG
  • Penampilan lain :
    • Album Salah Apa Aku (1991) menyanyikan lagu "Juwita Pandang" karya Budi Bidhun & Johar

Catatan kaki Edit

  1. Once-Ima Menikah setelah Tiga Tahun Pacaran, Suara Merdeka Online - diakses 16 Oktober 2009

Templat:Clr Templat:Dewa 19

Templat:Lifetime